De Ranch Lembang

By | August 15, 2019

Wisata Bandung De Ranch Lembang

De Ranch Lembang di Bandung merupakan salah satu tempat wisata Bandung untuk berkuda yang cukup terkenal di propinsi Jawa Barat. Bagi yang ingin menikmati suasana pedesaan sambil melihat-lihat peternakan dan menunggang kuda, lengkap dengan kostum cowboy-nya, maka anda wajib untuk datang ke tempat yang satu ini. Lalu untuk membahas lebih lanjut mengenai jam buka dan tiket masuk ke tempat ini, serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke tempat ini, simak terus ulasan lengkapnya di bawah ini.

Alamat dan Tiket Masuk De Ranch Lembang

Dengan harga tiket masuk De Ranch Lembang yang sangat terjangkau, yaitu Rp 15 ribu per orang saja, anda sudah dapat memanjakan keluarga anda berekreasi ke tempat yang satu ini. Jangan lupa bahwa tiket tersebut juga berlaku sebagai voucher minuman yang dapat ditukarkan dengan 1 gelas minuman gratis di dalam area tersebut.

De Ranch Lembang sangat mudah dijangkau, termasuk jika anda datang ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tepat berada di sisi jalan Maribaya. Jadi apabila anda datang dengan menggunakan kendaraan umum, pertama-tama anda harus naik angkot yang jurusan Stasiun Hall Lembang atau Ciroyom Lembang, dan turunlah di mulut jalan Maribaya, dan dari situ anda hanya tinggal berjalan kaki sekitar 150 meter hingga tiba di pintu masuk De Ranch Bandung ini.

Alamat lengkapnya adalah di Jalan Maribaya nomor 17, dan apabila ada suatu hal lain yang ingin anda tanyakan, dapat langsung menghubungi stafnya di nomor telepon 022-278-5865. Sedangkan apabila anda berkeinginan untuk menunggang kuda di tempat ini, sebaiknya anda melakukan reservasi terlebih dahulu melalui whatsapp di nomor 0857-5950-0674.

De Ranch Lembang buka setiap hari, dan selalu tutup di hari Senin. Jam buka tempat ini adalah dari pukul 9 pagi hingga 5 sore untuk hari Selasa hingga Jumat, dan jam buka untuk hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional adalah pada pukul 8 pagi hingga 6 sore.

de ranch lembang

Peraturan di De Ranch Lembang

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke De Ranch Lembang. Hal pertama yang harus diperhatikan, dan juga umum diberlakukan di tempat lainnya adalah bahwa para pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Ini sebenarnya adalah hal yang wajar, yang juga kerap diberlakukan di tempat wisata lainnya.

Peraturan kedua di De Ranch Lembang yang kadang ditanyakan oleh para pengunjung adalah apakah pengunjung diperbolehkan untuk membawa binatang peliharaan masuk ke dalam tempat ini. Sebenarnya pengunjung boleh saja membawa binatang ke sini, seperti anjing, akan tetapi dengan syarat bahwa hewan tersebut harus selalu dalam keadaan terikat dan diawasi oleh pemiliknya. Dan apabila hewan tersebut membuang kotoran, harus segera diambil oleh pemiliknya dan dibuang ke tempat yang layak.

Hal berikutnya yang patut diperhatikan adalah bahwa pengunjung tidak diperkenankan membawa drone ataupun mainan berbahaya lainnya termasuk juga laying-layang dan mainan dengan pengendali jarak jauh. Dan hal lain yang tidak boleh dibawa ke tempat ini adalah minuman beralkohol, senjata tajam, senjata api, serta obat-obatan terlarang.

Hal penting lainnya yang perlu diketahui oleh para pengunjung adalah agar selalu memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan.

Tips Menunggang Kuda di De Ranch Lembang

Kemudian tips apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika menunggang kuda di De Ranch Lembang? Perlu diingat bahwa kuda dapat menjadi agresif apabila dia dikejutkan dan hewan ini dapat menyerang dengan kaki depan maupun kaki belakangnya, termasuk juga menggigit. Jadi apabila anda ingin menunggang kuda di sini, usahakan agar tidak melakukan hal apapun yang mungkin dapat mengejutkan hewan yang cantik ini. Ikuti selalu pentunjuk dan arahan yang diberikan oleh pawangnya. Pastikan bahwa anda selalu menjaga jarak yang aman dan jangan pernah untuk mendekati kuda dari arah belakang karena hal ini dapat membuat kuda kaget.

Aktivitas di De Ranch Lembang

Terdapat cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan di De Ranch Lembang ini, beberapa di antaranya adalah:

  • Menunggang Kuda Ala Koboi
    Menunggang kuda ala koboi atau yang disebut juga dengan joy ride ini adalah sebenarnya aktivitas berkuda di dalam area De Ranch dengan didampingi oleh seorang pemandu dengan jarak sekitar 500 hingga 600 meter. Dan untuk keamanan dan kenyamanan, di sini 1 ekor kuda hanya diperbolehkan untuk ditunggangi oleh 1 orang saja. Ketentuan lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa berat maksimal penunggang adalah 80 kilogram serta tinggi paling sedikit 90 cm. Lalu bagaimanakah dengan pengunjung yang memiliki tinggi badan kurang dari 90 cm? Bagi mereka yang bertinggi badan kurang dari ketentuan tersebut dapat menaiki kuda poni.
    Adapun biaya untuk naik kuda ala koboi ini adalah Rp 30.000 per orang per satu putaran saja.
  • Menaiki Kuda Poni Kecil atau disebut juga dengan Poni Ride
    Sesuai dengan namanya kuda poni ini adalah kuda berukuran lebih kecil dan pendek daripada kuda yang umumnya kita kenal, yaitu dengan tinggi maksimal 110 cm. Untuk menaiki kuda poni, penunggang harus memiliki berat badan maksimal 30 kg, dan tinggi badan tidak melebihi 90 cm. Para pengunjung yang ingin naik kuda poni ini berada di trek khusus sepanjang 400 meter jadi terpisah dengan arena menunggang kuda ala koboi untuk orang dewasa.
    Orang tua juga diperkenankan untuk turut menuntun kuda poni ketika buah hati mereka menunggang kuda mengelilingi lintasan. Jangan kuatir dengan masalah keselamatan, karena di sini para pemandu tetap akan membantu mengawasi dari jarak yang aman untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung, terutama anak-anak yang sedang menunggang kuda.
    Adapun tarif untuk naik kuda poni ini adalah Rp 30.000 per orang untuk 2 kali putaran.
  • Berjalan-jalan sambil naik kuda
    Jika anda ingin menelusuri jalan setapak pedesaan sambil berkuda, maka inilah yang cocok bagi anda. Terdapat 2 paket yang dapat anda pilih, yaitu yang jarak pendek (sekitar 10 km) atau yang jarak jauh (sekitar 20 km). Untuk yang jarak pendek, minimal adalah 2 orang peserta, dan tersedia di hari Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, sedangkan untuk yang jarak jauh minimalnya adalah 3 orang peserta, dan hanya diadakan setiap hari Rabu dan Jumat saja. Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu paling lambat 1 hari sebelum kedatangan.
  • Pelajaran menunggang kuda
    Bagi yang ingin mempelajari bagaimana tips dan trik menunggang kuda yang baik, anda dapat datang ke tempat ini setiap hari, kecuali hari Senin, mulai jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Di sini akan diajarkan beberapa hal penting yang harus diketahui seperti aneka peralatan menunggang, tips keselamatan serta sifat dari kuda itu sendiri. Perlu diingat bahwa bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti pelajaran kuda ini, harus memesan terlebih dahulu minimal 1 hari sebelum hari kedatangan. Syarat lainnya untuk dapat mengikuti kelas khusus ini adalah peserta minimal telah berusia 7 tahun dan memiliki berat tubuh maksimal 80 kg, serta mempunyai keseimbangan dan koordinasi yang baik.
  • Menaiki delman
    Naik delman bersama keluarga merupakan wisata pedesaan yang cukup terkenal di wilayah Lembang ini. Para pengunjung selain dapat berjalan-jalan menikmati pemandangan pedesaan Lembang yang masih asri, di sini pengunjung juga dapat menikmati udara sejuk khas Lembang. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan jika pengunjung ingin naik delman di De Ranch Lembang ini. Beberapa di antaranya adalah bahwa total berat pengunjung yang naik delman tidak melebihi 250 kg. Biasanya dapat terdiri dari 2 orang dewasa serta 1 anak. Dan jarak lintasannya adalah sekitar 600 meter. Besarnya tarif yang dikenakan adalah Rp 40.000 untuk total 3 orang untuk 1 putaran.
  • Cara merawat kuda

 

Fasilitas Lainnya di De Ranch Lembang

Fasilitas lainnya yang dapat anda pilih di De Ranch Lembang ini adalah Taman Kelinci yang instagramable dengan harga tiket sebesar Rp 25.000 per orang untuk maksimal 20 menit. Di sini anda dapat masuk ke dalam taman dan bermain bersama kelinci.

Selain itu di sini pun terdapat kolam pancing dengan biaya Rp 25.000 per orang untuk maksimal selama 30 menit saja. Dan jika anda tertarik untuk menyusi anak sapi, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per botol (250 ml) untuk 1 dot susu. Harga yang sama juga berlaku untuk menyusui anak kambing. Tetapi untuk memberi makan anak domba harga yang dikenakan adalah sebesar RpĀ  20.000 per orang. Aktivitas lainnya adalah naik sepeda sebesar Rp 25.000 untuk maksimal 15 menit saja.

Jadi tunggu apa lagi? Dengan menggunakan jasa rental mobil Bandung kami, kita bisa segera berpetualang di Lembang dan Maribaya! Jadi ayo kita ke De Ranch Lembang Bandung sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *