Bandara Bandung

By | August 15, 2019

Bandara Bandung

Siapa yang belum pernah ke bandara Husein Sastranegara Bandung hayo? Siapapun yang pernah ke kota Bandung dengan pesawat, pasti pernah mengunjungi bandara yang satu ini. Terus terang saja, walaupun ukurannya tidak sebesar dan bangunannya tidak semegah bandara-bandara lainnya yang berada di kota-kota besar lainnya di Indonesia, bandara yang satu ini tetap merupakan bandara kebanggaan dan favorit kami orang Bandung. Bagaimana tidak, jika dibandingkan dengan airport di kota lainnya yang hampir sebagian besar terletak jauh di luar kota, bandara yang satu ini justru terletak tepat di jantung kota Bandung. Sangat strategis, bukan?

Namun itulah, terletak dari permasalahan baik atau tidaknya letak bandara Husein Sastranegara Bandung yang justru berada tepat di pusat kota, banyak pihak yang menyatakan bahwa hal ini sebenarnya dirasakan kurang baik karena ditengarai dapat membahayakan penduduk sekitar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena hal itu maka kini penerbangan domestik tidak lagi diperkenankan untuk menggunakan airport yang satu ini dan harus dialihkan ke Kertajati sebagai penggantinya.

Akan tetapi bagi kalian yang datang dari luar negeri, bandara Husein Sastranegara Bandung ini masih dapat dipergunakan lho. Jadi apabila kalian datang dari negara tetangga, baik itu Singapura ataupun Kuala Lumpur, Malaysia, sudah dapat dipastikan bahwa kalian akan mendarat di airport yang satu ini. Lalu sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa saja keunikan airport yang satu ini, marilah kita membahas satu persatu segala hal yang berhubungan dengan bandara Husein di kota Bandung.

bandara bandung

Cara Menuju ke Bandara Husein Sastranegara Bandung

Karena letaknya yang sangat strategis di pusat kota Bandung, maka tidaklah sulit untuk mencapai bandara yang satu ini. Kita tinggal menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk dapat mencapai airport yang satu ini. Bahkan jika kita tinggal tidak jauh dari sini, kita bahkan dapat berjalan kaki cukup hanya beberapa menit saja untuk dapat sampai ke tempat ini.

Jika kalian akan bepergian seorang diri atau bersama keluarga namun tidak membawa barang bawaan yang terlalu banyak, maka opsi untuk pergi ke bandara Husein Sastranegara Bandung dengan sarana transportasi umum dapat menjadi pilihan. Terdapat beberapa destinasi angkot yang senantiasa melalui tempat ini, beberapa di antaranya adalah: Caringin – Sadang Serang yang berwarna biru disertai strip kuning, St. Hall – Cimahi yang berwarna hijau dengan strip putih dan oranye, Cijerah – Sederhana yang berwarna hijau, Sarijadi – Ciroyom yang berwarna hijau srip kuning, Ciroyom – Lembang yang berwarna krem, Antapani – Ciiroyom yang berwarna krem, serta Cicaheum – Ciroyom yang berwarna hijau.

Akses terbaik jika anda menggunakan sarana transportasi umum untuk mencapai bandara ini adalah dengan turun di pintu masuk yang berada dekat dengan rel kereta api, di perbatasan jalan Garuda dan jalan Abdurahman Saleh, atau di sekitar area parkir bis yang hendak menjemput ke bandara Husein Sastranegara Bandung. Karena dari situ kita cukup hanya berjalan kaki saja sepanjang 550 meter untuk mencapai gedung utamanya. Apabila kita berjalan dari arah gerbang depan yang dekat patung Husein di pertigaan antara jalan Pajajaran dan Abdurahman Saleh serta Aruna, maka jarak yang harus kita tempuh akan jauh lebih jauh lagi.

Akan tetapi apabila kita menggunakan kendaraan pribadi, termasuk juga angkot yang mungkin kia carter, kita harus masuk melalui gerbang depan utama yang berada tepat di dekat patung Husein tersebut. Dan jangan lupa pada saat kita melewati pos pemeriksaan provost, kita diharuskan untuk membuka kaca jendela bagian supir karena sewaktu-waku ada pemeriksaan. Maklum saja, area bandara Husein Sastranegara Bandung ini masih menjadi satu dengan lapangan terbang angkatan udara di kota Bandung sehingga keamanannya pun berlapis.

Namun sekiranya kita akan datang menjemput tamu yang pesawatnya akan mendarat di airport Husein ini dengan menggunakan kendaraan sejenis elf, maka biasanya sang pengemudi diharuskan untuk meninggalkan barang bukti berupa KTP terlebih dahulu di provost dan sekembalinya bisa kita ambil kembali. Tetapi jika kita menggunakan kendaraan yang lebih besar lagi seperti bus pariwisata, maka kita harus memarkir bus tersebut di area parkir khusus yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu yang berada di ujung jalan Abdurahman Saleh yang berbatasan langsung dengan jalan Garuda, sebelum rel kereta api. Dan dari gerbang kedatangan penumpang, para penumpang harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter untuk sampai ke area parkir bis.

Fasilitas Bandara Husein Sastranegara Bandung

Lalu fasilias apa sajakah yang terdapat di bandara Husein Sastranegara Bandung ini? Sebagaimana bandara besar lainnya di kota-kota lain, di sini kita juga dapat menjumpai aneka toko souvenir yang menjual berbagai oleh-oleh khas propinsi Jawa Barat seperti dodol Garut, blangkon, tas-tas, kaos bertuliskan Bandung, serta panganan khas kota Bandung lainnya.

Bandara Husein Sastranegara Bandung ini sebenarnya kondisinya telah mengalami lebih banyak peningkatan sejak direnovasi beberapa tahun yang silam sehingga ukurannya menjadi jauh lebih luas dan desain interiornya menjadi jauh lebih indah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu di sini pun terdapat beberapa gerai makanan cepat saji seperti roti-roti, makanan kecil, kopi, dan minuman ringan lainnya. Tentunya harga makanan yang dijual di tempat ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tempat lainnya di pusat perbelanjaan di kota Bandung.

Jika kalian ada penerbangan awal namun tidak sempat untuk sarapan di hotel atau rumah, tepat di seberang gedung utama ini juga terdapat cukup banyak restoran yang sudah buka sejak dini hari, yang menjajakan aneka menu masakan dan minuman setiap harinya.

Selain itu sejak renovasi besar-besaran yang diadakan beberapa tahun yang silam itu, kini kondisi kamar kecil menjadi jauh lebih baik dan terawat.

Semenjak diberlakukannya sistem bagasi berbayar yang ketentuannya telah diubah beberapa waktu yang lalu, di mana kini sebagian besar maskapai memberlakukan bagasi gratis yang jauh lebih sedikit, kini juga tersedia fasilias timbangan barang yang memungkinkan para penumpang untuk terlebih dahulu menimbang barang bawaannya sebelum check in di konter penerbangan yang telah tersedia. Dan bagi yang membawa barang yang cukup banyak, di sini pun terdapat trolley berukuran besar untuk membantu para penumpang membawa barang bawaannya.

Selain itu tepat di seberang area kedatangan internasional juga terdapat fasilias kursi pijat yang terlihat empuk. Namun untuk dapat menggunakan fasilitas ini tentunya tidaklah gratis karena kita diharuskan untuk membayar sejumlah uang kepada pengelolanya. Dan di sini pun sudah ada fasilitas vending machine apabila kita ingin membeli minuman secara langsung dengan memasukan uang ke dalam mesin tersebut.

Sedangkan bagi anda yang gemar untuk berswa foto, pada saat tulisan ini dibuat pun terdapat sebuah bis mini pajangan yang berwarna merah yang dapat dinaiki oleh para pengunjung. Bis ini terdapat di bekas area kedatangan domestik dan kerap menjadi incaran anak-anak serta balita yang kebetulan sedang berada di sekitar tempat tersebut.

Rental Mobil Bandung

Rental mobil Bandung – Lalu berapakah harga sewa mobil dan harga atau tarif parkir di area bandara Husein Sastranegara Bandung? Jika kita ingin menurunkan penumpang dengan menggunakan kendaraan pribadi, termasuk elf, tepat di depan tangga pintu keberangkatan, maka kita akan diminta untuk membayar tarif parkir sebesar Rp 5.000 walaupun sebenarnya kita hanya menurunkan penumpang saja dan tidak memarkir kendaraan. Cukup tinggi, bukan? Sedangkan apabila kita memang ingin memarkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan, maka akan diberlakukan tarif parkir secara per jam.

Akan tetapi jika kita membawa bus pariwisata yang diparkir di area yang telah disebutkan sebelumnya, maka kita akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 50.000 untuk sekali parkir saja. Wah, tinggi juga ya biaya parkirnya?

Namun terlepas itu semua kini karena penerbangan domestik tidak lagi berada di bandara ini, bandara Husein Sastranegara Bandung pada saat in menjadi tidak lagi seramai dan sesemrawut dahulu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *