Saung Angklung Udjo

By | August 10, 2019

Saung Angklung Udjo РIndonesia sebagai negara kepulauan dengan beragam suku dan budaya menyimpan potensi kekayaan kebudayaan yang luar biasa, dan budaya Sunda sebagai salah satunya.  Apabila anda liburan ke kota Bandung, sempatkan diri untuk menengok potensi kekayaan budaya yang satu ini. Dari sekian banyak pertunjukkan budaya yang terkenal di Indonesia, kita sebagai bangsa Indonesia patut berbangga bahwa alat musik angklung sebagai salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat telah diakui dunia sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

saung angklung udjo

Saung Angklung Udjo yang beralamat di Jalan Padasuka, Bandung Timur, menawarkan hiburan tradisional tersendiri  yang berbeda dengan yang lainnya. Mungkin ada di antara para pembaca yang menganggap harga tiket masuknya cukup tinggi, namun apabila dibandingkan dengan suguhan musik dan tarian yang diberikan, maka semua itu tampak sepadan.

Walaupun tempatnya tergolong sangat sederhana, dengan para pengunjung duduk di lantai semen yang keras yang terdiri dari beberapa tingkatan, namun semuanya terasa sangat tradisional dan membumi. Di awal kedatangan, para tamu biasanya diberikan satu botol air mineral sebagai minuman selamat datang atau es lilin gratis. Terkadang juga disediakan bajigur panas. Tetapi kita tidak diijinkan untuk mengambil semuanya, kita hanya dapat memilih salah satu saja di Saung Angklung Udjo ini. Caranya adalah dengan menukarkan tiket masuk kepada petugas yang bertugas di pintu masuk.

Cara Menuju ke Saung Angklung Udjo

Lalu bagaimanakah cara untuk menuju ke tempat pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo? Jika anda membawa kendaraan pribadi, cara yang termudah adalah menelusuri jalan Suci atau yang dikenal juga dengan nama jalan Phh Mustofa dan akhirnya ketika mendekati akhir jalan yang menuju ke Jalan Ahmad Yani, sebelum terminal Cicaheum, anda akan menemukan Jalan Padasuka yang berbelok ke arah kiri. Saung Angklung Udjo hanya berjarak kurang lebih seratus lima puluh meter dari ujung jalan tersebut.

Dan bagaimanakah apabila anda lebih memilih untuk menggunakan sarana transportasi umum? Apakah bisa? Jawabannya tentu saja bisa! Cara yang paling mudah untuk mencapai tempat ini adalah dengan menggunakan angkutan kota berwarna hijau jurusan Ciroyom Cicaheum atau Ledeng Cicaheum dan turun di terminal Cicaheum, dan dari sana anda hanya tinggal berjalan kaki sedikit untuk tiba di tempat angklung ini. Selain itu alternatif lainnya adalah anda juga dapat menggunakan bis kota Damri dan turun di terminal Cicaheum. Jalan Padasuka berada tepat di seberang pintu masuk terminal Cicaheum ini.

Harga Tiket Saung Angklung Udjo

Berapakah harga tiket untuk menonton pertunjukan angklung di tempat ini? Pada saat tulisan ini dibuat, harga tiket untuk wisatawan asing adalah sebesar Rp 120.000 per orang. Namun sebenarnya harga tiketnya adalah lebih murah dari ini karena sang supir dan pemandu wisata yang mengantar turis asing tersebut akan memperoleh komisi sebesar 20% dari Rp 120.000 tersebut. Jadi hitung saja sendiri jika terdapat kurang lebih 20 orang di dalam rombongan yang sama.

Lalu bagaimana harga tiket masuk untuk wisatawan lokal? Harga tiket untuk turis lokal tentu saja lebih murah dari turis asing, yang besaran tiketnya biasanya bisa setengah harga dari turis asing tersebut.

Jangan lupa juga untuk mendapatkan brosur yang tersedia baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sehingga anda sekilas akan memperoleh gambaran mengenai tempat Saung Angklung Udjo di Bandung ini.

Jam Pertunjukan Angklung

Jam pertunjukannya biasanya dimulai pukul 15:30 hingga sekitar 17:15 setiap harinya. Namun apabila anda ingin tempat duduk yang strategis tanpa terhalang oleh tiang-tiang kayu yang cukup besar, usahakan agar anda sudah tiba di tempat tidak lewat dari pukul 3 sore. Tetapi apabila anda berencana untuk datang dalam rombongan besar, misalnya rombongan anak sekolah, anda dapat meminta waktu pertunjukan khusus yang biasanya akan dimulai di pagi hari.

Ada Apa di Saung Angklung Udjo

Jika anda kebetulan tiba di Saung Angklung Udjo jauh sebelum pertunjukan tersebut dimulai, misalnya jam 2 siang, anda tidak perlu merasa bosan, karena di sana terdapat toko souvenir atau oleh-oleh kerajinan tradisional khas Jawa Barat yang dapat anda beli. Benda-benda kerajinan tersebut di antaranya adalah seperti topi, tas angklung beraneka ukuran, yaitu kecil, sedang, dan besar, gantungan kunci, hiasan dinding, pajangan meja, dan lain sebagainya.

Selain itu di bagian belakang panggung pertunjukan pun terdapat taman yang cukup luas di mana anda dapat menikmati udara yang segar sambil melihat-lihat pepohonan yang cukup rindang dan indah. Dan apabila anda berjalan lebih jauh ke bagian belakang, anda akan tiba di saung-saung khusus di mana anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan alat music angklung yang terbuat dari bambu tersebut.

Lalu bagaimanakah sebenarnya pertunjukan yang disuguhkan? Apakah para pengunjung semata-mata hanya disuguhkan permainan angklung saja? Tenang saja. Bagi yang belum pernah menonton pertunjukan di Saung Angklung Udjo, pertunjukan ini tidak akan terasa menjemukan.

Di awal acara, yaitu tepat pada pukul 15:30, seorang wanita muda berparas menawan dan berpakaian tradisional khas Sunda tanpa alas kaki akan maju ke tengah arena dan mulai mengucapkan salam selamat datang kepada para pengunjung dalam bahasa Indonesia, Sunda, dan juga Inggris. Dia juga akan mulai berinteraksi secara singkat kepada para pengunjung dengan menanyakan asal negara mereka karena terkadang ada juga wisatawan asing yang berasal dari Eropa dan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Kemudian setelah perkenalan, maka acara selanjutnya dilanjutkan dengan pertunjukan wayang golek yang akan menampilkan aksi si Cepot yang jenaka. Namun yang sangat disayangkan adalah bahwa bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Sunda sehingga mereka yang bukan berasal dari propinsi Jawa Barat akan kesulitan untuk dapat memahami dialognya.

Setelah beberapa menit berlalu pertunjukan akan berganti ke permainan tradisional yang biasa dimainkan anak-anak kecil di tanah Sunda, termasuk juga pertunjukan sisingaan yang biasanya diadakan ketika ada anak laki-laki, biasanya di pedesaan, yang disunat. Acara ini termasuk meriah dan cukup menarik karena biasanya terlihat beberapa turis asing yang memotret acara ini.

Sekitar beberapa saat kemudian juga para pengunjung akan disuguhi oleh pertunjukan permainan musik arumba yang juga merupakan alat music tradisional berbahan dasar yang sama, yaitu bambu. Terkadang permainan alat musik ini juga disertai dengan angklung dan memainkan lagu-lagu internasional seperti Heal the World yang dipopulerkan oleh mendiang Michael Jackson.

Apabila anda penasaran bagaimana caranya bermain alat musik angklung, jangan kuatir, karena di tengah-tengah pertunjukan para pengunjung juga akan dibagikan alat musik yang terbuat dari bambu tersebut untuk diajak bermain angklung bersama-sama. Tapi ingat ya, angklung tersebut hanya dipinjamkan saja, dan setelah acara selesai angklungnya harus dikembalikan J.

Di akhir acara para pengunjung bisa bermain dan menari bersama serta berfoto bersama-sama dengan para penari cilik di tengah arena.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai wisata Saung Angklung Udjo di kota Bandung dan sekitarnya, termasu info sewa mobil Bandung murah dan rental mobil Bandung, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *